Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SD YPPK St. Yakobus

    Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SD YPPK  St. Yakobus

    Timika - Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus guna meningkatkan wawasan, khususnya keikutsertaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak dini, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-03/Kuala Kencana Koptu Alfaris Kumiyu berkoordinasi dengan guru untuk memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SD YPPK ST. Yakobus di Kp. Iwaka, Distrik Iwaka, Kab. Mimika, Sabtu (20/01/2024).

    Dalam keterangannya, Koptu Kumiyu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan bekal dan kemampuan awal siswa-siswi agar diperoleh peningkatan rasa kecintaan terhadap tanah air serta rasa bela negara yang kokoh sejak dini, sehingga diharapkan kelak anak-anak tersebut dapat menghadapi tantangan terhadap pihak-pihak yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. "Terlebih dalam era digitalisasi yang berlangsung, mereka harus benar-benar disiapkan dengan baik mulai dari sekarang, " ucapnya.

    Lebih lanjut, Babinsa mengatakan bahwa nilai-nilai bangsa yang ada pada Pancasila tersebut harus ada ketika dihadapkan dengan perbedaan, mereka harus tahu seperti mendahulukan kepentingan umum, rela berkorban, optimisme, pantang menyerah, gotong-royong, dan nasionalisme. Menurutnya, nilai-nilai bangsa Indonesia ini harus dipahami sebagai wawasan kebangsaan. Pancasila sebagai falsafah Indonesia yang menyatu secara utuh menjadi jiwa bangsa Indonesia. Dan nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila, sebagai nilai ke-Indonesiaan serta sekaligus pendorong cita-cita Proklamasi.

    "Generasi muda, harus berada di garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Dimana keutuhan bangsa akan tergantung dari para generasi mudanya untuk turut serta menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, " pungkasnya.(*)

    Ahmad Rohanda

    Ahmad Rohanda

    Artikel Sebelumnya

    Panglima TNI Dampingi Presiden RI Hadiri...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Antisipasi Tindak Kriminal, QR Samapta Polsek Gencar Patroli di Pemukiman
    Polsek Bogor Tengah Berikan Himbauan Kamtibmas Kepada Pengurus Masjid
    Polsek Bogor Barat Bersinergi Urai Kepadatan Volume Kendaraan

    Follow Us

    Random

    Tags