Antisipasi Covid-19, Kemenkes Himbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi dan Pemerintah Daerah Diminta Menjamin Ketersediaan Vaksin

    Antisipasi Covid-19, Kemenkes Himbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi dan Pemerintah Daerah Diminta Menjamin Ketersediaan Vaksin

    JAKARTA-Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menghimbau dan merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi di tengah kasus Covid-19 yang kembali melonjak jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

    "Mobilitas masyarakat jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) diprediksi akan mengalami kenaikan, Untuk itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan, Selain itu, Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan Surat Edaran, ”ujar dr. Nadia di Jakarta, Senin (11/12/2023) kemarin.

    Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara.

    Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air. Untuk itu, direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan, ”ujarnya

    Nadia mengingatkan perlu ada upaya agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi COVID-19.

    "Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19, ” ucapnya.

    Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19.

    Sebagai langkah pencegahan, berikut sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yakni:

    1. Masyarakat yang batuk flu segera lakukan tes COVID-19. Jika hasilnya positif lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes, 2. Gunakan masker saat sakit flu atau saat berada di kerumunan atau tempat umum yang berisiko.

    3.Lakukan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, 4.Lengkapi vaksinasi sampai booster kedua dan yang ke lima (5).Tunda bepergian ke daerah yang melaporkan lonjakan kasus COVID-19.

    sumut
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Polri Bongkar Judi Bola, Dikendalikan Dari...

    Artikel Berikutnya

    Hendri Kampai: Macan Versus Banteng di Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Bhabinkamtibmas Polsek Klari Berikan Nomor Wachapp Lapor Pak Kapolres Ke Warga Binaan
    Antisipasi Tindak Kriminal, QR Samapta Polsek Gencar Patroli di Pemukiman
    Polsek Bogor Tengah Berikan Himbauan Kamtibmas Kepada Pengurus Masjid

    Follow Us

    Random

    Tags